sebutkan apakah permasalahan kependudukan di indonesia?

 on Friday 31 October 2014  

Permasalahan kependudukan yang sedang dialami Indonesia, di antaranya terkait jumlah penduduk yang besar disertai dengan tingkat pertumbuhan yang relatif tinggi dan persebaran penduduk yang tidak merata. Jumlah penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 200 juta jiwa memang merupakan sebuah potensi sumber daya dan pangsa pasar strategis secara ekonomi. Namun hal tersebut juga dapat menjadi beban dalam pembangunan. Karena itu, pembangunan nasional senantiasa diarahkan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia. Perkembangan penduduk diarahkan pada pengendalian kuantitas, pengembangan kualitas serta pengarahan mobilitas sehingga mempunyai ciri dan karakteristik yang menguntungkan bagi proses pembangunan.

Permasalahan kependudukan yang lainya adalah persebaran penduduk yang tidak merata. Hal ini berkaitan dengan daya dukung lingkungan (luas wilayah) yang tidak seimbang antara Jawa-Bali dengan luar Jawa-Bali. Pulau Jawa yang luas wilayahnya kurang dari 7 persen dihuni oleh 58,7 persen penduduk, sehingga kepadatan penduduk di Pulau Jawa mencapai 880 jiwa per km2 pada tahun 1996. Kepadatan penduduk di luar Pulau Jawa, jauh lebih rendah, yaitu baru didiami oleh kurang dari 100 jiwa setiap km2 di Pulau Sumatra dan Sulawesi, dan kurang dari 20 jiwa setiap km2 di Kalimantan serta khususnya di Irian Jaya yang baru dihuni oleh 5 Jiwa setiap km2. Gambaran ini selain memberikan petunjuk tentang tidak meratanya persebaran penduduk, juga menunjukkan kurang seimbangnya proporsi luas wilayah. Bila kepadatan penduduk setiap provinsi dibandingkan, maka luas wilayah di provinsiprovinsi Jawa dan Bali sudah tidak memadai, apalagi DKI Jakarta yang didiami oleh lebih dari 15.732 jiwa per km2.

Masalah kependudukan lainya adalah terkait dengan kualitas. Hasil survei UNDP (United Nations Development Programe) tentang Human Development Indeks 2003 terungkap bahwa dari 174 negara yang diurutkan berdasarkan kualitas manusianya, Indonesia hanya berada pada peringkat ke-112. Sementara negara tetangga seperti Singapura sudah mencapai peringkat ke-28, Brunei Darussalam ke-31, Malaysia ke-58, Thailand ke-74 dan Filipina ke-85.
sebutkan apakah permasalahan kependudukan di indonesia? 4.5 5 om Friday 31 October 2014 Permasalahan kependudukan yang sedang dialami Indonesia, di antaranya terkait jumlah penduduk yang besar disertai dengan tingkat pertumbuha...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.