bagaimanakah pola pergerakan pada angin muson?

 on Thursday 6 November 2014  

Pola Pergerakan Angin Muson
Angin muson berembus setiap setengah tahun sekali dan selalu berganti arah. Setiap enam bulan sekali terjadi perubahan musim seiring dengan berembusnya angin muson. Berikut ini dijelaskan mengenai pola pergerakan angin muson di Indonesia.
 
a. Benua Asia mengalami kondisi tekanan tinggi pada November–April, sedangkan Benua Australia mengalami tekanan udara rendah. Angin muson berembus dari Benua Asia ke Benua Australia. Indonesia saat itu mengalami musim penghujan. Pergerakan angin tersebut disebut angin muson barat.

b. Benua Australia mengalami tekanan tinggi pada Mei– Oktober, sedangkan di Benua Asia mengalami tekanan rendah sehingga angin berembus dari Benua Australia ke Benua Asia. Indonesia saat itu tengah mengalami musim kemarau. Pergerakan angin tersebut disebut angin muson timur.

c. Pada Maret–April dan September–Oktober terjadi musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Musim peralihan ini disebut juga musim pancaroba. Pada Maret–April terjadi perubahan dari musim hujan ke kemarau. Pada September–Oktober peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Variasi iklim dan pergerakan pola angin muson sangat mempengaruhi pola kehidupan masyarakat Indonesia yang sebagian besar bergerak di sektor agraris (pertanian). 

Kondisi iklim akan memengaruhi keragaman mata pencarian di masyarakat. Nelayan yang tinggal di pesisir pantai akan memanfaatkan pola pergerakan angin darat dan laut untuk mencari ikan.
bagaimanakah pola pergerakan pada angin muson? 4.5 5 om Thursday 6 November 2014 Pola Pergerakan Angin Muson Angin muson berembus setiap setengah tahun sekali dan selalu berganti arah. Setiap enam bulan sekali terjadi pe...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.