jelaskan apa saj corak kebudayaan daerah dan juga corak kebudayaan nasional serta sebutkan hal-hal yang harus dilakukan untuk mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa?

 on Saturday 8 November 2014  

Pada dasarnya suatu kebudayaan yang lahir dan berkembang di masyarakat meliputi kebudayaan yang bersifat daerah dan nasional.
1) Corak Kebudayaan Daerah
Kebudayaan daerah adalah bentuk perwujudan cipta, rasa, dan karsa dari sekelompok masyarakat yang menempati wilayah tertentu. Kebudayaan daerah tumbuh dan berkembang pada setiap wilayah dan memiliki ciri khas tertentu.

2) Corak Kebudayaan Nasional
Setiap kebudayaan daerah yang berkembang akan membentuk suatu kebudayaan nasional. Kebudayaan nasional merupakan kebudayaan yang lahir, tumbuh, dan berkembang dalam lingkup nasional di bawah naungan NKRI. Kebudayaan nasional harus dikembangkan secara lebih baik tanpa memudarkan nilai-nilai yang terkandung dalam kebudayaan daerah. Bahasa Indonesia adalah kebudayaan yang berskala nasional, tidak seperti halnya dialek yang bersifat kedaerahan.

Faktor pendorong adanya keragaman dan variasi budaya sangatlah majemuk. Letak geografis Indonesia menjadi salah satu faktor pendorong munculnya variasi kebudayaan pada suatu masyarakat. Indonesia memiliki kekayaan budaya dan etnik suku bangsa. Potensi tersebut menjadi sumber daya bagi pengembangan pariwisata di Indonesia. Selain itu, kondisi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang terdiri atas beribu-ribu pulau disadari ataupun tidak berpengaruh pada pengembangan corak kebudayaan daerah di Indonesia.

Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa, antaralain sebagai berikut.
a. Memajukan kebudayaan daerah tanpa menghilangkan akar budaya aslinya sehingga
    warisan budaya dapat diturunkan kepada generasi berikutnya.
b. Menghargai kebudayaan daerah lain dan tidak menonjolkan kebudayaan sendiri
    (etnosentrisme).
c. Memperkaya khazanah dan ragam budaya daerah tanpa meninggalkan kebudayaan aslinya.
d. Memajukan kebudayaan nasional dengan cara melakukan pertukaran budaya dengan
    lingkungan lokal, regional, maupun lingkup internasional.
e. Senantiasa melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa sehingga tidak terkontaminasi
    dengan budaya negatif dari dunia luar. Kebudayaan Indonesia, baik daerah maupun nasional
   ,sejak lama telah menciptakan ketertarikan bagi orang-orang luar negeri untuk
    mempelajarinya. Banyak yang datang ke Indonesia untuk sekadar belajar atau memperdalam
    suatu kebudayaan tertentu.

Kenyataan ini menunjukkan bahwa kebudayaan Indonesia begitu dihargai di mancanegara. Ironisnya, banyak orang Indonesia yang tidak terlalu menampakkan ketertarikan pada kebudayaan bangsanya sendiri. Oleh karena itu, sebagai anak bangsa yang berbakti kita harus meletakkan kembali nilai-nilai kebudayaan tersebut dalam posisi yang tinggi, mulia, dan dijaga serta dipertahankan bersama.
jelaskan apa saj corak kebudayaan daerah dan juga corak kebudayaan nasional serta sebutkan hal-hal yang harus dilakukan untuk mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa? 4.5 5 om Saturday 8 November 2014 Pada dasarnya suatu kebudayaan yang lahir dan berkembang di masyarakat meliputi kebudayaan yang bersifat daerah dan nasional. 1) Corak Kebud...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.