sebutkan beberapa contoh pencemaran air dan tanah yang sering terjadi?

 on Sunday 16 November 2014  

Berikut beberapa contoh bentuk pencemaran air yang sering terjadi.
(1) Pencemaran Air Tanah Dangkal
Contoh yang paling nyata dari air tanah dangkal adalah air sumur. Air sumur dapat tercemar karena berbagai unsur yang berada di atasnya. Pemakaian bahan pestisida, limbah industri yang lokasinya sangat berdekatan dengan pemukiman penduduk, dan tempat pembuangan sampah yang masuk bersama air hujan serta bersatu dengan air sumur.

(2) Pencemaran Air Tanah Dalam
Air tanah dalam sering dipergunakan untuk keperluan industri skala besar dengan menggunakan pompa artesis. Penyedotan air besar-besaran ini memacu intrusi air laut terutama untuk wilayah-wilayah industri yang berdekatan dengan laut. Air tanah akan berasa asin kerena telah tercampur air laut.
 
(3) Pencemaran Air Permukaan Tanah
Sungai, danau, dan laut pun tidak terlepas dari ancaman pencemaran. Banyak dijumpai air sungai yang warnanya selalu berubah-ubah setiap waktu dikarenakan limbah industri yang tidak mengalami pengolahan limbah terlebih dahulu. Begitu juga di laut, tumpahnya minyak dari tankertanker minyak menyebabkan rusaknya sebagian ekosistem laut. Berbagai pencemaran tersebut akan langsung terasa oleh penduduk yang menggunakannya.

2) Pencemaran Tanah
Selain sebagai media tumbuh tanaman, tanah memiliki nilai ekonomi yang tinggi, yaitu dapat digunakan sebagai penunjang pe menuhan kebutuhan manusia akan sandang, pangan, dan papan. Pemenuhan sandang, pangan, dan papan diusahakan dengan intensif yang kadangkala pengusahaannya tidak mengindahkan lingkungan. Misalnya, pemenuhan akan pangan dengan menggunakan berbagai pupuk dan pestisida yang dapat mencemari tanah sehingga tanah tidak mampu berproduksi maksimal dalam waktu lama.

3) Lahan Kritis
Hamparan lahan di berbagai kepulauan di Indonesia tidaklah sama. Ada yang kualitasnya masih baik, tetapi banyak yang telah rusak dan dianggap berkualitas buruk. Lahan yang dapat memberikan hasil pertanian yang tinggi walaupun dengan biaya pengelolaan yang rendah disebut lahan potensial. Lahan potensial dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain untuk pertanian, dapat pula dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata, atau pembangunan permukiman.
 
Dengan pengelolaan yang kurang baik, lahan potensial dapat berangsur-angsur berubah menjadi lahan kritis. Lahan kritis diartikan sebagai hamparan lahan yang telah mengalami kerusakan, baik secara fisik kimiawi, dan biologis. Oleh karena itu, lahan kritis sering diartikan sebagai lahan yang tidak memiliki keuntungan ekonomis. Adanya lahan kritis dapat disebabkan oleh pemanfaatan ruang yang tidak sesuai dengan peruntukkannya, atau pun pengelolaan yang tidak maksimal. Usaha pertanian yang tidak diimbangi dengan praktik-praktik konservasi akan mendorong terbentuknya lahan kritis. Erosi yang tinggi dan penggunaan pupuk kimia yang terlalu banyak, dapat menghilangkan kesuburan tanah. Jika tanah tidak subur dan hasil pertanian terus menurun, tanah itu biasanya akan ditinggalkan tanpa pemanfaatan yang jelas.
sebutkan beberapa contoh pencemaran air dan tanah yang sering terjadi? 4.5 5 om Sunday 16 November 2014 Berikut beberapa contoh bentuk pencemaran air yang sering terjadi. (1) Pencemaran Air Tanah Dangkal Contoh yang paling nyata dari air tanah...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.