sebutkan nama-nama taman nasional yang terdapat di Indonesia?

 on Sunday 16 November 2014  

Salah satu bentuk kawasan lindung adalah Taman nasional, yaitu kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budi daya, pariwisata, danrekreasi (Pasal 1 Butir 14 UU Nomor 5 Tahun 1990). Berikut ini daftar taman nasional yang terdapat di Indonesia.
a. Taman Nasional di Pulau Sumatra
Taman nasional di Pulau Sumatra antara lain Gunung Leuseur, Siberut, Kerinci Seblat, Bukit Tigapuluh, Bukit Duabelas, Berbak, Sembilang, Bukit Barisan Selatan, dan Way Kambas.

b. Taman Nasional di Pulau Jawa
Taman nasional di Pulau Jawa meliputi Ujung Kulon, Kepulauan Seribu, Gunung Halimun, Gunung Gede Pangrango, Karimunjawa, Bromo-Tengger-Semeru, Meru Betiri, Baluran, Alas Purwo, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.
 
c. Taman Nasional di Pulau Bali dan Nusa Tenggara
Taman nasional di Pulau Bali meliputi Bali Barat, Gunung Rinjani, Komodo, Maupeu Tanah Daru, Laiwangi  Wanggameti, dan Kalimutu.

d. Taman Nasional di Pulau Kalimantan
Taman nasional di Pulau Kalimantan meliputi Gunung Palung, Danau Sentarum, Betung Kerihun, Bukit Baka-Bukit Raya, Tanjung Puting, Kutai, Kayan Mentarang, dan Sebangau.

e. Taman Nasional di Pulau Sulawesi
Taman nasional di Pulau Sulawesi meliputi Bukanen, Bogani Nani Wartabone, Lore Rindu, Taka Bonerate, Rawa Aopa Watumohai, Wakatobi, Kepulauan Togean, dan Bantimurung-Bulusaraung.

f. Taman Nasional di Pulau Maluku dan Papua
Taman nasional di Pulau Maluku dan Papua meliputi Manusela, Aketajawe-Lolobata, Teluk Cendrawasih, Lorentz, dan Wasur. Kawasan pelestarian alam adalah kawasan dengan ciri khas tertentu, baik di darat maupun di perairan yang mempunyai fungsi perlindungan sistem penyangga
sebutkan nama-nama taman nasional yang terdapat di Indonesia? 4.5 5 om Sunday 16 November 2014 Salah satu bentuk kawasan lindung adalah Taman nasional, yaitu kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sist...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.