Bagaimana peran Rumah tangga konsumen (RTK) dan rumah tangga produsen (RTP) sebagai pelaku-pelaku ekonomi?

 on Wednesday 19 November 2014  

1. Rumah Tangga Konsumen (RTK)
Keluarga sebagai Rumah Tangga Konsumen (RTK)
berperan sebagai pemilik faktor produksi juga sebagai pelaku kegiatan konsumsi. Faktor produksi yang dapat disediakan rumah tangga keluarga, di antaranya berupa tanah, tenaga kerja (labour), modal (capital), dan juga keahlian (skill). Faktor produksi tersebut diserahkan kepada rumah tangga (perusahaan) untuk melakukan kegiatan produksi barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen. Kemudian, barang dan jasa tersebut dikonsumsi kembali oleh rumah tangga konsumen.

Masyarakat sebagai Rumah Tangga Konsumen (RTK) juga dapat menjadi penyedia modal bagi perusahaan dan pemerintah. Masyarakat dapat menginvestasikan atau menanamkan modalnya untuk membiayai usaha yang dilakukan perusahaan dan pemerintah. Masyarakat akan memperoleh penghasilan atas modal yang diinvestasikannya. Misalnya, berupa pendapatan bunga atas modal atau bagian hasil usaha. Kelancaran kegiatan usaha yang dilakukan perusahaan dan pemerintah juga harus didukung oleh faktor kewirausahaan. Perusahaan dan pemerintah membutuhkan faktor kewirausahaan untuk membuat barang dan jasa sesuai tuntutan masyarakat, baik dari segi jumlah maupun kualitas. Hal ini seiring dengan perkembangan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian, kewirausahaan dibutuhkan perusahaan dan pemerintah untuk kelancaran kegiatan ekonominya.

2. Rumah Tangga Produsen (RTP)
Dalam kegiatan ekonomi, perusahaan berperan sebagai Rumah Tangga Produsen (RTP) karena perusahaan memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Dalam melakukan kegiatan usahanya, perusahaan juga membutuhkan faktor-faktor produksi, baik berupa tanah, modal, tenaga kerja, maupun kewirausahaan. Selain itu, perusahaan juga membantu pemerintah dalam melakukan pembangunan negara. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran perusahaan sebagai pelaku ekonomi, yaitu sebagai produsen, pengguna faktor produksi, dan pendukung pembangunan negara.

Kemudian, koperasi sebagai Rumah Tangga Produsen RTP) dapat berperan sebagai konsumen dan juga sebagai produsen. Sebagai konsumen, koperasi membutuhkan sumber daya ekonomi untuk melaksanakan berbagai bidang usahanya. Misalnya, sarana dan prasarana usaha, modal, tenaga kerja, dan keahlian. Adapun sebagai produsen, koperasi dapat menyediakan atau menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.
Bagaimana peran Rumah tangga konsumen (RTK) dan rumah tangga produsen (RTP) sebagai pelaku-pelaku ekonomi? 4.5 5 om Wednesday 19 November 2014 1. Rumah Tangga Konsumen (RTK) Keluarga sebagai Rumah Tangga Konsumen (RTK) berperan sebagai pemilik faktor produksi juga sebagai pelaku ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.